Langsung ke konten utama

Konsili Nicea vs The Da Vinci Code (PART II)

Karena Konsili Nicea adalah sebuah pertemuan penting pada masa gereja awal, untungnya kita mempunyai sebagian informasi mengenainya dalam dokumen kuno, termasuk teks-teks dari konsili setelahnya dan risalah-risalah.

Seperti banyak orang, Sophie Neveu hanya mengetahui Konsili Nicea karena syahadat Nicea yang terkenal itu, pernyataan iman yang dikeluarkan oleh Konsili Nicea, yang merefleksikan keputusan (dengan mayoritas yang besar sekali) bahwa Yesus itu Ilahi dalam derajat yang sama dengan Bapa, dan bukan makhluk Ilahi yang diciptakan.

 Syahadat Nicea
Aku percaya akan satu Allah, Bapa yang mahakuasa, pencipta langit dan bumi, dan segala sesuatu yang kelihatan dan tak kelihatan; dan akan satu Tuhan Yesus Kristus, Putra Allah yang tunggal. Ia lahir dari Bapa sebelum segala abad, Allah dari Allah, Terang dari Terang, Allah benar dari Allah benar. Ia dilahirkan, bukan dijadikan, sehakikat (homousion) dengan Bapa; segala sesuatu dijadikan oleh-Nya. Ia turun dari surga untuk kita manusia dan untuk keselamatan kita. Ia dikandung dari Roh Kudus, Dilahirkan oleh Perawan Maria, dan menjadi manusia. Ia pun disalibkan untuk kita, waktu Pontius Pilatus; Ia menderita sampai wafat dan dimakamkan. Pada hari ketiga Ia bangkit menurut Kitab Suci. Ia naik ke surga, duduk di sisi Bapa. Ia akan kembali dengan mulia, mengadili orang yang hidup dan yang mati; kerajaan-Nya takkan berakhir. aku percaya akan Roh Kudus, Ia Tuhan yang menghidupkan; Ia berasal dari Bapa, yang serta Bapa dan Putra, disembah dan dimuliakan; Ia bersabda dengan perantaraan para nabi. aku percaya akan Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik. aku mengakui satu pembaptisan akan penghapusan dosa. aku menantikan kebangkitan orang mati dan hidup di akhirat. Amin.
Dan siapa saja yang mengatakan bahwa ada saat ketika Anak Allah tidak, atau sebelum Ia diperanakkan ia bukan, atau ia dibuat dari materi yang bukan, atau dia dari hakikat atau esensi (dzat) [dari Bapa] atau ia adalah makhluk, atau tunduk kepada perubahan atau penggantian—semua yang berkata demikian, Gereja yang Katolik dan Apostolik mengutuk (anathematizes) mereka.
Bagian kedua, yang mengutuk pandangan tertentu sebagai bidah, membuat jelas bahwa pertanyaannya bukanlah Yesus itu makhluk Ilahi atau tidak, tapi dengan cara apa Ia bersifat Ilahi. Pandangan bidah, diajarkan oleh Arius dan pengikutnya, bukan Yesus sebagai nabi biasa tapi bahwa Ia inferior (lebih rendah) dari Bapa dan diciptakan oleh Bapa. Syahadat (kredo) ini dituliskan dalam beberapa sumber-sumber kontemporer, termasuk dalam Acts of the Ecumenical Konsilis of Ephesus dan Acts of Chalcedon, dalam Epistel Eusebius dari Kaisarea kepada Jemaatnya, dalam buku Ecclesiastical Histories oleh Theodoret dan Socrates, dan pada tulisan-tulisan lainnya. 

Kanon-Kanon Nicea

Dalam tambahannya kepada syahadat (kredo), uskup-uskup di Konsili Nicea mengeluarkan 20 kanon, atau penentuan setelah akhir dari Konsili. Kebanyakan dari kanon-kanon itu cukup biasa dan bersinggungan dengan urusan administrasi. Tulisan-tulisan dari masing-masing kanon bisa anda lihat di sini (here).

Postingan populer dari blog ini

Natal - Dewa Matahari - Kristus - Sol Invictus

Tuduhan seperti ini sering dilancarkan untuk menuduh bahwa kristen itu aslinya adalah pagan. Mari kita lihat. Tuduhan ini adalah salah satu favorit serangan dari Polemis Yahudi dan Islam. Pada tahun 336 gereja di Roma menyatakan bahwa 25 Desember sebagai Dies Natalis Christi, "ulang tahun Kristus." Tulisan dalam Kronograf 354, atau Kalender Philocalian, mencatat, "Tuhan kita Yesus Kristus lahir pada hari kedelapan pada bulan sebelum Januari" , atau 25 Desember. Hal ini tidak menyatakan bahwa perayaan Natal sedang dicari tahu waktu tepatnya pada tanggal tersebut, tetapi kita cukup yakin bahwa penelitian mengenai Natal, dimulai di Roma sekitar waktu ini. "Perayaan Natal merupakan acara penginjilan yang efektif untuk mengubah hati dan pikiran orang-orang kepada Kristus dan jauh dari pemujaan Sol." St. Yohanes Krisostomos Satu generasi setelah kronograf itu diterbitkan, bapa gereja Yohanes Krisostomos (c. 347-407) menulis bahwa Rom

Sejarah Kristen (part I)

Kaisar Augustus 14 Kaisar Augustus meninggal pada 19 Agustus. Pada tanggal 17 September, Senat di Roma menyatakan kaisar Augustus sebagai dewa. Ia digantikan oleh Kaisar Tiberius. (Jika Lukas 3:1 tanggal "pemerintahan Tiberius Caesar" dari tahun ini, tahun kelima belas nya 28/29 AD) Penyaliban Kristus c.30 Yesus Kristus disalibkan dan dibangkitkan. Kaisar Caligula 39/40 Philo dari Alexandria (15/10 SM - 45 / 50) memimpin rombongan Yahudi dari Alexandria kepada kaisar Caligula (37-41) di Roma. Orang-orang Yahudi dari Alexandria kemudian meminta kepada kaisar untuk menghentikan penyiksaan terhadap orang-orang Yahudi, namun ia tidak diberikan kesempatan, dipotong saat ia sedang berbicara. Philo kemudian memperingatkan bahwa Allah akan menghukum Caligula, yang akhirnya tewas dibunuh. Philo adalah seorang teolog yang berusaha untuk menyelaraskan teologi Yahudi dengan Filsafat Yunani (sebagian besar filsafat Plato). Banyak pemikiran yang ditemukan dalam teologi Kristen

Διδαχη - Kitab Didache

Διδαχη κυριου δια των δωδεκα αποστολων τοις εθνεσιν. Ajaran Tuhan kepada Bangsa-bangsa Melalui Dua Belas Rasul   Didache pasal 1:     οδοι δυο εισι, μια της ζωης και μια του θανατου, διαφορα δε πολλη μεταξυ των δυο οδων Ada dua jalan, yaitu jalan kehidupan dan jalan kematian. Perbedaan antara kedua jalan itu sangat besar. η μεν ουν οδος της ζωης εστιν αυτη, πρωτον αγαπησεις τον θεον τον ποιησαντα σε δευτερον τον πλησιον σου ως σεαυτον, παντα δε οσα εαν θελησης μη γινηεσθαι σοι, και συ αλλω μη ποιει.   Jalan kehidupan adalah berikut ini: Pertama, kasihilah Tuhan, Penciptamu. Kedua, kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri, dan segala sesuatu yang kamu tidak inginkan dilakukan terhadap kamu, janganlah kamu melakukannya terhadap sesamamu.   τουτων δε των λογων η διδαχη εστιν αυτη, ευλογειτε τους καταρωμενους υμιν και προσευχεσθε υπερ των εχθρων υμων, νηστευετε δε υπερ των διωκοντων υμας, ποια γαρ χαρις, εαν αγαπατε τους αγαπωντας υμας? ουχι και τα εθνη τουτο ποιουσιν, υμεις