Langsung ke konten utama

Sejarah Kristen (part I)

Kaisar Augustus
14 Kaisar Augustus meninggal pada 19 Agustus. Pada tanggal 17 September, Senat di Roma menyatakan kaisar Augustus sebagai dewa. Ia digantikan oleh Kaisar Tiberius. (Jika Lukas 3:1 tanggal "pemerintahan Tiberius Caesar" dari tahun ini, tahun kelima belas nya 28/29 AD)

Penyaliban Kristus
c.30 Yesus Kristus disalibkan dan dibangkitkan.

Kaisar Caligula
39/40 Philo dari Alexandria (15/10 SM - 45 / 50) memimpin rombongan Yahudi dari Alexandria kepada kaisar Caligula (37-41) di Roma. Orang-orang Yahudi dari Alexandria kemudian meminta kepada kaisar untuk menghentikan penyiksaan terhadap orang-orang Yahudi, namun ia tidak diberikan kesempatan, dipotong saat ia sedang berbicara. Philo kemudian memperingatkan bahwa Allah akan menghukum Caligula, yang akhirnya tewas dibunuh.
Philo adalah seorang teolog yang berusaha untuk menyelaraskan teologi Yahudi dengan Filsafat Yunani (sebagian besar filsafat Plato). Banyak pemikiran yang ditemukan dalam teologi Kristen ada pada pemikiran Philo, meskipun kadang-kadang dalam bentuk yang tidak dapat diterima oleh Gereja. Philo menyatakan bahwa filsafat Yunani adalah jiplakan dari Musa. Dia percaya bahwa terjemahan Yunani dari Perjanjian Lama (Septuaginta, yang berasal dari abad ketiga SM) adalah benar-benar wahyu dari Tuhan.
Dalam beberapa hal, Pemikiran Philo lebih mirip dengan pemikiran Gnostik dan Manichaeans. Sebagai contoh, seperti Plato, Philo memandang tubuh sebagai penjara bagi jiwa. Hal ini dengan jelas mengungkapkan pandangan yang tidak kristiani terhadap materi.

41 Perluasan Yerusalem. Tembok-tembok kota diperlebar sehingga tempat penyaliban Yesus menjadi berada di dalam kota.
Kesyahidan Yakobus
42 Yakobus, saudara Yohanes, dipenggal (Kis 12.2).

43 Kaisar Claudius (41-54) menaklukkan Inggris. Barnabas membawa Saulus ke Antiokhia (Kisah Para Rasul 11: 25-26).

44 Kematian Herodes Agripa I, Raja Yudea dan Samaria (Kis 12:23).

45 Gereja di Antiokhia diselamatkan dari bahaya kelaparan, atas bantuan dari jemaat Kristen dari Yudea yang dibawa oleh Saulus (Paulus) dan Barnabas (Kis 11:29).

47-49 Pekabaran Injil dilakukan oleh Paulus dan Barnabas (Kis 13-14).

49 Menurut sejarawan Romawi Suetonius (70-122) dalam catatannya " 12 Kaisar", Claudius mengusir orang-orang Yahudi dari Roma karena pemberontakan-pemberontakan mereka akibat hasutan Chrestus."

49/50 Konsili Yerusalem digelar (Kis 15). Menyatakan bahwa hukum sunat tidak harus dilakukan oleh bangsa-bangsa bukan Yahudi. Kematian Helena, ratu Kerajaan Adiabene, sebuah kerajaan Yahudi di Mesopotamia utara. Adiabene sering menjadi sekutu Persia dalam perang melawan Romawi. Kaisar Claudius menggalakkan ajaran Ibu Agung (Magna Mater) para Dewa dan Attis sebagai pendampingnya, ajaran yang telah diperkenalkan ke dalam agama Romawi sekitar 200 SM

50 Perjalanan kedua misionaris, Paulus dan Silas, dimulai, (Kis 15:40). Paulus dan Silas mengunjungi Filipi (Kisah Para Rasul 16:11-40), pertobatan Lydia, penjual kain ungu, penyelamatan dari penjara dan pertobatan kepala sipir penjara Filipi (Kis 16:33); Kerusuhan di Tesalonika (Kisah 17:5); di Berea, di mana orang-orang Yahudi bersedia memeriksa nubuatan atas Mesias di Perjanjian Lama (Kis 17:11); di Athena, di mana Paulus berkhotbah di Areopagus (Kisah Para Rasul 17:22-31); di Korintus, dimana dia bertemu dengan Akwila dan Priskila, yang mengungsi akibat pengusiran orang Yahudi dari Roma atas perintah Kaisar Claudius (Kis 18:2), dan ke Efesus, Kaisarea, dan Yerusalem sebelum kembali ke Antiokhia (Kis 18:22).

51 Paulus menulis surat kepada jemaat di Tesalonika, dari Korintus.

53 surat Paulus kepada orang Galatia ditulis dari Antiokhia (?). Awal dari perjalanan misi penyebaran dakwah Injli yang ketiga.

53-55/56.Paulus di Efesus (Kisah Para Rasul 19)

55 Paulus menulis surat 1 Korintus, dari Efesus.

55/56 Paulus meninggalkan Efesus (Kisah Para Rasul 20:1), mengunjungi Makedonia dan Korintus. Surat 2 Korintus ditulis dari Makedonia.

57 Paulus menulis Surat Roma dari Korintus. Meninggalkan Yunani (Kis 20:3), dan setelah melewati Troas (Kis 20:7-12), dan mendidik para penatua gereja di Efesus (Kisah Para Rasul 20:18-35), datang ke Yerusalem (Kis 21:17), mengakhiri perjalanan dakwah Injili yang ketiga.

57-59 Paulus dipenjarakan di Kaisarea (Kis 23,33-26,32), di bawah Felix dan Festus.

60 Paulus tiba di Roma (Kis. 28.16).

61/62 Paulus menulis surat Filemon, Kolose, Efesus dan Filipi.

62 Menurut tradisi gereja, Yakobus uskup Yerusalem, dibunuh di Bait Allah oleh massa yang marah, kemungkinan dipukul di kepala dengan palu. Menurut tradisi, Bartolomeus menjadi martir di Kalyana, sebuah negara kota di pantai barat India, sekarang kota Bombay. Bartholomeus dikuliti hidup-hidup dan disalibkan. Paulus diadili dan dibebaskan di Roma.

63-66 Paulus pergi ke Makedonia, Asia Kecil, Kreta, dan mungkin Spanyol. menulis surat 1 Timotius dan Titus.

Penganiayaan besar pertama
641 Penganiayaan orang Kristen secara besar-besaran, di bawah Kaisar Nero. Kota Roma terbakar selama enam hari, Nero (54-68) menyalahkan orang-orang Kristen. Pada tahun 62, Nero menikahi Poppea Sabina, seorang yang baru menganut agama Yahudi. Tacitus menulis, "Nero mengakui bahwa orang-orang Kristen ditangkap. Kemudian, atas informasi dari mereka, sejumlah besar orang lain ditangkap. Proses kematian mereka dibuat lucu. Mengenakan kulit binatang liar, diterkam oleh anjing, atau disalib, atau dibakar sebagai pengganti obor yang akan dinyalakan setelah hari gelap. Catatan Suetonius lebih ringkas:" Hukuman dijatuhkan pada umat Kristiani, sebuah sekte baru yang jahil". Sebuah legenda abad ketiga mengatakan bahwa Simon Magus (Kis 8:9-24) dan St Petrus berkonfrontasi di Roma. Simon, yang ingin lebih terkenal dari Petrus dan ingin membuat Claudius terkesan dengan kemampuannya terbang, jatuh dari puncak gedung senat Romawi dan tewas.

64 Gereja di Alexandria didirikan oleh St Markus, murid Petrus.

64 Pembangunan kuil Herodes di Yerusalem selesai.

66 pemberontakan Yahudi. Perang antara Romawi dan Yahudi terjadi.

Jatuhnya Yerusalem
70 Yerusalem dikuasai dan hancur, juga kuil Herodes. Kemudian, pada abad kedua, St. Justinus Martir mengajarkan bahwa kehancuran ini adalah penghakiman Allah atas sebuah bangsa yang menolak Mesiasnya dan tidak memahami bahwa tradisi pengorbanan di kuil telah dibatalkan.

67 Sebagian peristiwa di kitab Wahyu ditulis pada tahun ini. Pengadilan Paulus yang kedua Roma, surat 2 Timotius ditulis.

66 Raja Armenia, Tiridates, menghadap Nero di Roma, berkata, "Aku datang kepadamu, dewaku, untuk kamu menyembahmu seperti saya menyembah Mithras"
Kesyahidan Rasul Paulus
67/68 St Paulus mati syahid di jalan dari Roma ke Ostia. Dipenggal dengan pedang. 


Salib Rasul Petrus
67/68 St Petrus juga mati syahid, disalib terbalik.

Penyaliban Rasul Andreas
69 Menurut tradisi gereja, St Andreas disalibkan di Patrae, di semenanjung Peloponnesus.

69 Ignatius menjadi uskup Antiokhia di Syria.


Kesyahidan Polikarpus
69 Polikarpus, Uskup Smirna, lahir. Dia mati syahid sekitar 157. Irenaeus menyatakan bahwa Polikarpus mengenal St Yohanes di Efesus. Polycarp mati syahid, ia tidak melawan pihak berwenang, tapi menunggu mereka untuk datang menangkapnya. Irenaeus menulis, "Polikarpus tidak hanya belajar langsung dari para Rasul dan mencari bukti dengan mewawancarai orang-orang yang telah melihat Kristus, tetapi juga dengan para Rasul di Asia, ditahbiskan menjadi Uskup Gereja di Smyrna, yang juga saya saksikan di masa muda saya, karena selalu mengajarkan hal-hal yang ia pelajari dari para Rasul, yang merupakan ajaran Gereja yang benar. "

70 Dekat tanggal ini, Rabbi Jochanan bin Zakai mendirikan sebuah sekolah rabbi di Jamnia (Palestina). Injil Matius dan Markus mungkin ditulis pada tahun ini. Injil Lukas mungkin sedang disusun hingga akhir 80.

Kesyahidan Rasul Thomas
72 Menurut tradisi, St Thomas itu ditikam sampai mati oleh para Brahmana di Mylapore, India.

79 Menurut tradisi, Yudas dan Simon yang dicabik-cabik oleh kerumunan Persia. Simon bergabung dengan Yudas ke Inggris. Yudas telah berdakwah di Armenia.

Koloseum di Roma
80 Koloseum di Roma dibuka.

90 Sinode Jamnia Yahudi menyusun kanon Ibrani, yang menjadi kitab Perjanjian Lama oleh kaum Protestan sekarang. Kitab Ester, Pengkhotbah, Kidung Agung, dan Yehezkiel nyaris tidak masuk kanon, sementara Kitab Sirakh nyaris masuk ke dalam kanonisasi. Rabbi di Jamnia juga diartikulasikan teori bahwa setiap huruf dalam bahasa Ibrani memiliki arti. Hal ini mengakibatkan teks standar diperkenalkan dan bacaan yang tidak sesuai dilarang. Bahasa dari gereja mula-mula adalah bahasa Yunani, dan bacaan Perjanjian Lama yang digunakan adalah Septuaginta. Septuaginta berisi kitab-kitab (kadang-kadang disebut "Apocrypha") yang tidak termasuk dalam kanon Jamnian. Tafsiran tentang Mesias sering dinyatakan oleh orang Kristen, tidak diterima oleh orang-orang Yahudi. Pada tahun ini, orang Yahudi non-Palestina menerima kanon Jamnia. Terjemahan baru dari tulisan Perjanjian Lama dibuat berdasarkan standar teks Jamnian.
Kesyahidan Filipus
90 Menurut tradisi, Filipus disalibkan terbalik (seperti Petrus) di Hierapolis, Asia Kecil. (Beberapa orang mengatakan bahwa Filipus rasul dan Filipus Penginjil adalah dua individu yang berbeda, Philip penginjil yang mati syahid di Hierapolis.)

90 Menurut Hippolytus, Matius meninggal secara wajar, di Hierees, Persia.

92 Clement terpilih sebagai uskup Roma. Memimpin jemaat sampai setelah tahun 100. Dia menulis surat kepada jemaat Korintus yang telah mengganti pemimpin jemaat lama dan menggantinya dengan orang-orang baru. Dia meminta agar mereka mempertahankan pemimpin jemaat lama dengan alasan bahwa mereka mendapat pengajaran langsung dari para rasul. "Para Rasul tahu, melalui Tuhan kita Yesus Kristus, akan timbul perdebatan tentang jabatan keuskupan, dan untuk alasan ini, yang telah dipersiapkan sejak lama, mereka menunjuk orang-orang yang telah ditentukan, dan yang menerima suksesi apostolik (penerusan kerasulan).

93 Penganiayaan besar-besaran yang ke-2 terhadap orang Kristen, di bawah Kaisar Domitianus (81-96). Rasul Yohanes dibuang ke Pulau Patmos. Flavius Josephus, sejarawan Yahudi, (37/38-100) menerbitkan tulisannya, Antiquitates Judaicae. Bab ke 18 merujuk kepada ke-Ilahian Yesus Kristus. Para sarjana yakin bahwa tulisan itu sudah diubah oleh orang-orang Kristen, karena merujuk kepada Kristus sebagai Tuhan. Josephus menjadi pemimpin pasukan melawan kekuasaan Romawi di Galilea selama perang (66-70). Ketika ditangkap, ia meramalkan bahwa Vespasianus akan menjadi kaisar, sebuah ramalan yang menyelamatkan nyawanya. Josephus menulis sebuah buku mengenai sejarah perang dan karena belas kasihan yang ia terima dari kaisar Romawi, ia dibenci oleh sesamanya orang Yahudi sebagai seorang pengkhianat.

100 Sekitar tahun kali ini, St Yohanes meninggal di Patmos (Eusebius, Irenaeus dan Clement dari Aleksandria yakin bahwa Yohanes hidup sampai masa pemerintahan Trajan, yang dimulai pada 98) Kitab Didache, ditulis dalam era ini, menuliskan pengajaran mengenai ibadah pada hari Minggu: "Berkumpullah pada hari Tuhan, lakukanlah ekaristi, tetapi sebelumnya lakukanlah pengakuan dosa, sehingga ibadah anda menjadi murni ".

100? Sekitar waktu ini bidat Cerinthus berkembang. Dia mengajarkan bahwa dunia itu diciptakan, bukan oleh Allah sendiri, tetapi oleh oknum yang lebih rendah. Ia juga mengklaim bahwa Yesus hanyalah anak dari Yusuf dan Maria, dan bahwa makhluk gaib, Kristus, datang kepada Yesus pada saat baptisan-Nya dan meninggalkannya saat jam penyaliban-Nya. Menurut Dionysius, seorang uskup dari abad ketiga di Alexandria; 'ajaran yang ia ajarkan adalah: bahwa Kerajaan Allah adalah hal yang duniawi." Beberapa orang mengatakan bahwa Cerinthus menulis kitab Wahyu.

Postingan populer dari blog ini

Natal - Dewa Matahari - Kristus - Sol Invictus

Tuduhan seperti ini sering dilancarkan untuk menuduh bahwa kristen itu aslinya adalah pagan. Mari kita lihat. Tuduhan ini adalah salah satu favorit serangan dari Polemis Yahudi dan Islam. Pada tahun 336 gereja di Roma menyatakan bahwa 25 Desember sebagai Dies Natalis Christi, "ulang tahun Kristus." Tulisan dalam Kronograf 354, atau Kalender Philocalian, mencatat, "Tuhan kita Yesus Kristus lahir pada hari kedelapan pada bulan sebelum Januari" , atau 25 Desember. Hal ini tidak menyatakan bahwa perayaan Natal sedang dicari tahu waktu tepatnya pada tanggal tersebut, tetapi kita cukup yakin bahwa penelitian mengenai Natal, dimulai di Roma sekitar waktu ini. "Perayaan Natal merupakan acara penginjilan yang efektif untuk mengubah hati dan pikiran orang-orang kepada Kristus dan jauh dari pemujaan Sol." St. Yohanes Krisostomos Satu generasi setelah kronograf itu diterbitkan, bapa gereja Yohanes Krisostomos (c. 347-407) menulis bahwa Rom

Διδαχη - Kitab Didache

Διδαχη κυριου δια των δωδεκα αποστολων τοις εθνεσιν. Ajaran Tuhan kepada Bangsa-bangsa Melalui Dua Belas Rasul   Didache pasal 1:     οδοι δυο εισι, μια της ζωης και μια του θανατου, διαφορα δε πολλη μεταξυ των δυο οδων Ada dua jalan, yaitu jalan kehidupan dan jalan kematian. Perbedaan antara kedua jalan itu sangat besar. η μεν ουν οδος της ζωης εστιν αυτη, πρωτον αγαπησεις τον θεον τον ποιησαντα σε δευτερον τον πλησιον σου ως σεαυτον, παντα δε οσα εαν θελησης μη γινηεσθαι σοι, και συ αλλω μη ποιει.   Jalan kehidupan adalah berikut ini: Pertama, kasihilah Tuhan, Penciptamu. Kedua, kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri, dan segala sesuatu yang kamu tidak inginkan dilakukan terhadap kamu, janganlah kamu melakukannya terhadap sesamamu.   τουτων δε των λογων η διδαχη εστιν αυτη, ευλογειτε τους καταρωμενους υμιν και προσευχεσθε υπερ των εχθρων υμων, νηστευετε δε υπερ των διωκοντων υμας, ποια γαρ χαρις, εαν αγαπατε τους αγαπωντας υμας? ουχι και τα εθνη τουτο ποιουσιν, υμεις